....
bisnis Latihan Menembak JBN dan TNI AU

Latihan Menembak JBN dan TNI AU

Latihan Menembak JBN dan TNI AU
Danlanud Husein Sastranegara Bandung Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.Ikom. Foto:Handry

“Are you ready..? Stanby..dar..dar…dar.Lapangan tembak Husein Sastranegara,Bandung mendadak riuh. Bunyi letusan senjata yang bersahutan menambah suasana pagi itu menjadi lebih meriah.

Aba-aba dari Range Officer (RO) menandai kehangatan antara anggota TNI AU dan Jurnalis Bela Negara (JBN) yang berlangsung,Kamis (30/11/2017) pukul 08.30 WIB,dalam latihan menembak bersama.

Walau dalam kondisi cuaca yang sempat hujan rintik-rintik dan hembusan angin yang cukup dingin namun acara bisa berlangsung lancar. Kegiatan dimulai dengan berdoa bersama dilanjut sambutan langsung oleh Danlanud Husein Sastranegara Bandung.

“Salah satu maksud dari kegiatan ini adalah kami ingin lebih mendekatkan diri dengan para awak media sesuai dengan perintah Panglima,” ujar Danlanud Husein Sastranegara Bandung Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.Ikom

“Kami tengah membuka ruang bagi seluruh masyarakat agar dapat mengenal lebih baik mengenai TNI melalui kegiatan-kegiatan edukasi dan event-event terbuka seperti Jabar Airshow kemarin,” papar Iman.

“Dan ini merupakan perintah dari Panglima TNI,” lanjutnya lagi.

Iman juga mengungkapkan bahwa anak-anak sekolah sudah sering berkunjung untuk melihat pesawat yang ada di lapangan.

Setelah memberikan sambutannya, Danlanud mempersilahkan anggota TNI Angkatan Udara dan anggota JBN yang hadir untuk memperkenalkan diri masing-masing.

Sebelum kegiatan latihan menembak dimulai, dua orang instruktur memberikan keterangan bagaimana menggunakan senjata pistol yang aman serta tatacara latihan menembak.

Saat menembak setiap peserta diberi peluru tajam sebanyak 13 butir yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama dengan 3 butir peluru yang merupakan sesi pemanasan.

Dua sesi berikutnya dengan 5 peluru tiap sesi dan mulai dihitung.

Latihan dimulai dengan tembakan yang dilakukan oleh Danlanud dan disusul dengan latihan menembak bersama.

Dalam latihan ini ada 4 orang anggota JBN yang mampu mendapatkan nilai yang cukup besar yaitu diatas angka 50.

Sebelum acara berakhir, para peserta yang ikut melakukan latihan bersama dijamu makan siang di sebuah restoran di seputaran jalan Pajajaran dan dihadiri oleh Danlanud yang sudah selesai menjalankan kegiatan dinasnya.

Acara ditutup oleh Danlanud sekitar pukul 13.00 siang setelah memberikan kesempatan bagi para anggota JBN untuk melakukan sesi foto bareng dan sedikit wawancara seputar rencana-rencana yang akan dilakukan oleh TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Bandung ke depannya.

Penulis: Handry