....
Fashion Koleksi Biyan Wanaatmadja dalam Tajuk Seruni

Koleksi Biyan Wanaatmadja dalam Tajuk Seruni

Koleksi Biyan Wanaatmadja dalam Tajuk Seruni
Seorang Model membawakan busana rancangan desainer Biyan Wanaatmadja bertajuk "Seruni" Rabu (22/10). Foto: Ant

SIAPA yang tak mengenal designer Biyan Wanaatmadja. Kini koleksinya kembali ditampilkan dalam acara Bazar Festival 2014 di Jakarta Convention Center (JCC) hingga 26 Oktober mendatang.

Koleksi Biyan Wanaatmadja women's wear Spring/Summer 2015 kali ini diberi "Seruni". Sebelumnya, koleksi ini sudah pernah dipamerkan Biyan pada Juni lalu.

Ada 100 koleksi look, terinspirasi pada simbolisasi bunga krisan, yang dipercaya di Asia sebagai simbol kehidupan. Keseluruhan koleksi diberi sentuhan Japanese art and culture yang dipertemukan secara kontras dengan nuansa tribal dari Sumba-Indonesia.

Koleksi ini bagai pertemuan dualisme yang menyatu menjadi sebuah komposisi kontras yang harmonis, seperti mempertemukan bright-light and dark-intense, pure and strong, feminine and masculine. 

Pada satu sisi koleksi Seruni menampilkan kedalaman karakter wanita yang feminine,pure/innocent dalam kelembutannya dimana di sisi lain hadir karakter wanita yang strong, cool, and yet very stylish. Dan keduanya pun menjadi seimbang dan cantik," tutur Biyan.

Selain menampilkan koleksi Seruni, dalam Pasar Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014 ini, juga menampilkan produk kreatif dan kuliner 200 mitra binaan bank Mandiri. 

Lalu, juga diramaikan dengan pagelaran Bazaar Fashion Festival dan IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) Trend Show 2015.

IPMI Trend Show 2015 merupakan pagelaran ke 30 dari IPMI. Kali ini IPMI mengusung konsep baru yang mereka klaim sebagai konsep yang pertama dilakukan di Indonesia. Konsep tersebut adalah White Cube.

Konsep White Cube merupakan format presentasi yang lebih kreatif dimana sudah banyak diadaptasikan di luar negeri. 

Pada format ini desainer lebih bebas berekspresi tidak harus dalam bentuk runway. Ruang presentasi White Cube dibangun mengikuti rangka sebuah kotak yang dapat menampung 250 tamu.

Pada pembukaan hari ini, desainer Didi Budiarjo yang juga merupakan anggota IPMI mendapat kesempatan pertama mempresentasikan karya terbarunya di White Cube.

"Suasananya jadi lebih intim dan santai di White Cube ini. Karena memang tidak ada jarak antara model dan pengunjung. Pengunjung pun bisa datang dan pergi kapan saja mereka mau," pungkas Didi pada Pembukaan Pasar Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014 di JCC, Jakarta, Rabu (22/10).

Ia juga melanjutkan, bahwa format presentasi yang berbeda ini awalnya dibuat untuk lebih mendekatkan buyers dan juga wartawan.

Desainer anggota IPMI yang berpartisipasi menampilkan koleksinya di bawah naungan IPMI Trend Show 2015 adalah Didi Budiardjo, Era Soekamto, Mel Ahyar, Yogie Pratama, Kanaya Tabitha, Rusly Tjohnardi, edbe by Eddy Betty, Danny Satriadi, Carmanita, Austere by Tri Handoko, Tuty Cholid dan Oscar Lawalata. Presentasi setiap koleksi akan diperagakan dalam dua format, yaitu melalui Runway dan White Cube.

(BS)