....
Movie Kineforum Siapkan Film Dokumenter Gratis

Kineforum Siapkan Film Dokumenter Gratis

Kineforum Siapkan Film Dokumenter Gratis
Panitia menyusun CD karya komunitas film se-Sumatera Utara, di Medan, Sabtu pekan lalu. Pameran dan penjualan CD 102 judul film fiksi dan dokumenter tersebut dalam rangka memeriahkan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014.

KETIADAAN bioskop nonkomersil mendorong Kineforum menyiapkan delapan film dokumenter siap putar sebagai alternatif tontonan bagi publik yang selama ini kurang mendapatkan porsi tontonan gratis.

"Ruang ini diadakan sebagai tanggapan terhadap ketiadaan bioskop nonkomersial di Jakarta dan kebutuhan pengadaan suatu ruang bagi pertukaran antarbudaya melalui karya audio-visual," kata Pelaksana Tugas Manajer Kineforum Alexander Matius di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Alex mengatakan film dan dokumenter yang diputar di bulan ini adalah karya audio-visual yang bisa menjadi alternatif tontonan bagi publik. Film dan dokumenter itu terdiri dari sejumlah kategori.

"Mulai dari film klasik maupun kontemporer, film panjang maupun pendek, film luar maupun dalam negeri dan juga film-film dari nonarus utama," katanya.

Film dan dokumenter itu dapat ditonton di Taman Ismail Marzuki berdasarkan jadwal yang telah ada. Bulan ini, masih kata Alex, Kineforum menghadirkan karya audio-visual bermaterikan impian, konflik, semangat dan kebersamaan dalam balutan film-film bertema olahraga.

Dua film bernafaskan sepak bola itu seperti dalam kategori Sinema Indonesia seperti "Hari Ini Pasti Menang" dan "Cahaya dari Timur: Beta Maluku".

"Ikuti pula bagaimana perjalanan kelompok sepak bola anak muda difabel, yang menjadi simbol perdamaian dan harapan di Sierra Leone dalam 'One Goal'.

Tak hanya sepak bola, kami juga memutar 'Brooklyn Castle' yang mengikuti lima siswa menghadapi segala tantangan dan kemenangan dalam kompetisi catur di Amerika Serikat," katanya.

Selain film-film bertema olahraga, Oktober ini Kineforum juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan bertajuk "Nonton Bareng Film Keroncong" yang merupakan program kerjasama Komite Film dengan Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Pekan Komponis Indonesia 2014.

"Fim-film yang bernafaskan atau terinspirasi musik keroncong diputar dalam rangka menghangatkan kembali ingatan masyarakat tentang uniknya musik keroncong ketika disajikan dalam layar lebar."

"Jangan lewatkan juga dokumenter perjalanan Ayrton Senna, salah satu pembalap formula satu terbaik yang diakui dalam sejarah olah raga. Semuanya ada pada program Dokumenter Dunia," kata dia. Kineforum sendiri adalah bioskop pertama di Jakarta yang menawarkan ragam program film sekaligus diskusi tentang film.

Kineforum merupakan program Komite Film Dewan Kesenian Jakarta. Berikut ini jadwal pemutaran film Kineforum-DKJ: Sinema Indonesia (3-5 Oktober dan 10-13 Oktober 2014, donasi Rp20 ribu) 1. Hari Ini Pasti Menang (karya Andibachtiar Yusuf, 2013) 2. Cahaya dari Timur: Beta Maluku (karya: Angga Dwimas Sasongko, 2014) Dokumenter Dunia (17-19 Oktober 2014) 1. Senna (karya: Asif Kapadia, 2010) 2. One Goal (karya: Sergi Agust, 2008) 3. Brooklyn Castle (karya: Katie Dellamaggiore, 2012) Kinefriends: Nonton Bareng Film Keroncong (24-26 Oktober 2014) 1. Wadjah Seorang Laki-Laki (karya: Teguh Karya, 1971) 2. Daun di Atas Bantal (karya: Garin Nugroho, 1997) 3. Ruma Maida (karya: Teddy Soeriaatmadja, 2009).

(Ant)